Seberapa Besarkah Peluang Menjaring Konsumen Dalam Mempromosikan Produk Melalui Instagram Dengan Konsep Miniatur Fotografi?

Promosi produk adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh produsen maupun seller melalui internet di era millenial seperti sekarang. Pemanfaatan media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, dan lainnya sebisa mungkin dilakukan secara maksimal guna menjaring konsumen lebih luas.

minyak kutus kutus, kutus kutus
Minyak Kutus-Kutus
Berdasarkan data infografis dari situs websindo.com di bulan Januari tahun 2019, perkembangan jumlah pengguna media sosial di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Total pengguna mencapai 150 juta, artinya bahwa mayoritas penggunaan internet melalui media sosial dilakukan untuk bersosialisasi. Jumlah pengguna media sosial mencapai 56% dari jumlah total penduduk Indonesia, dengan pengguna berbasis mobilenya mencapai 130 juta. Ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar untuk memasarkan produk kita melalui media sosial.

Sumber : websindo.com
Media sosial apa yang paling diminati di republik ini?

Sumber :websindo.com
Media sosial yang paling banyak diminati oleh pengguna internet di Indonesia adalah youtube. Selanjutnya whatsapp, facebook, dan instagram. Keempat media sosial tersebut memiliki pengguna tertinggi di Indonesia dan ini meningkat setiap bulannya. Dengan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk melalui media sosial sangat efektif menggunakan platform youtube, whatsapp, facebook dan instagram.



Selanjutnya mari kita lihat data pengguna media sosial berdasarkan usia di Indonesia.

Sumber :websindo.com
Berdasarakan data infografis diatas persentase terbesar pengguna media sosial di Indonesia adalah di rentang usia antara 25-34 tahun, berikutnya di posisi kedua usia 18-24 tahun, artinya jumlah pengguna media sosial di Indonesia didominasi oleh generasi millenial.

Berdasarkan data dari NapoleonCat.com per Nopember 2019 jumlah pengguna Instagram Indonesia sebesar 61.610.000 user dan merupakan peringkat keempat terbanyak pengguna instagram di dunia.

Dari data diatas terlihat bahwa pengguna instagram didominasi oleh kalangan millenial dengan rentang usia 18-24 tahun dan 25-34 tahun. Dari data ini pula kita bisa mengambil kebijakan dalam memasarkan produk melalui media sosial khususnya Instagram, apakah produk kita dibutuhkan oleh kalangan usia tersebut, atau seperti apakah konten yang menarik minat mereka.

Sedangkan untuk platform media sosial facebook, Indonesia menduduki peringkat ketiga terbanyak di dunia dengan jumlah 130 juta pengguna aktif bulanan sekaligus menjadi target audiens iklan facebook terbesar di dunia.



Pertanyaannya mempromosikan produk dengan konsep miniatur fotografi melalui instagram itu seperti apa? Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat insight akun instagram @miniaturfreaks salah satu pelaku miniatur fotografi di Indonesia dalam hal ini admin sendiri hehe.

Jumlah pemirsa terbesar akun instagram @miniaturfreaks yang semua fotonya berkonsep miniatur fotografi berada di rentang usia 25-34 tahun, menyusul 35-44 tahun dan 18-24 tahun. Data ini sinkron dengan data pengguna instagram di Indonesia secara umum yakni di rentang usia tersebut. Rentang usia 18-44 tahun adalah target market promosi produk dengan konsep miniatur fotografi. Kembali ke pertanyaan diatas, mempromosikan produk dengan konsep miniatur fotografi melalui instagram itu seperti apa? Produk dengan konsep miniatur fotografi sebaiknya adalah produk yang target marketnya berada di usia 18-44 tahun, misalnya handphone, kamera, peralatan elektronik, produk makanan dan minuman, kuliner, dan lain sebagainya.

Berikut contoh penggunaan instagram sebagai media promosi produk.

IG : @fujifilm_id

IG : @awt_tech
Foto-foto diatas menggunakan konsep miniatur fotografi dalam promosi produk, foto lainnya dapat dilihat dibawah ini.




Produk-produk tersebut jelas menyasar ke kaum milenial dengan rentang usia 18-44 tahun. Produk-produk tersebut lebih banyak digunakan atau dikonsumsi oleh calon konsumen di rentang usia itu.



Apakah promosi produk dengan konsep miniatur fotografi efektif dalam meningkatkan penjualan? Jawabannya belum tentu. Hanya saja dengan konsep promosi seperti itu, maka produk kita terlihat lebih unik dan menarik, sehingga mengundang banyak pemirsa atau calon konsumen. Selanjutnya apakah mereka sebagai calon konsumen mau beli atau tidak, keputusan ada di tangan mereka. Rezeki kan sudah diatur sama yang diatas :).


Wassalam



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seberapa Besarkah Peluang Menjaring Konsumen Dalam Mempromosikan Produk Melalui Instagram Dengan Konsep Miniatur Fotografi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel