Dat Ank Aneste, Merk Figur HO Scale Yang Kurang Peminat

Fotografi miniatur akhir-akhir ini makin banyak peminat dan mulai dilirik oleh fotografer-fotografer baik pemula maupun senior. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya wabah virus Covid-19 yang mengharuskan orang-orang untuk menghabiskan waktunya dirumah saja. Memotret miniatur adalah salah satu hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan dirumah.

Figur Data Ank Aneste Seri Matador

Umumnya miniatur fotografi menggunakan figur manusia dan aksesorisnya yang berskala 1:87 atau HO Scale. Merk yang paling sering digunakan yakni Preiser. Merk lainnya seperti Noch, Merten, Faller, Woodland Scenics dan lainnya juga sering digunakan namun tidak sepopuler Preiser. Dari segi kedetailan figur dan pengecetan memang Preiser lebih unggul dari merk-merk tersebut. Semua merk figur yang disebutkan diatas terbuat dari bahan plastik dan hampir semua diproduksi di negara Jerman. Namun ada satu merk figur HO Scale yang jarang disebut dan digunakan, meskipun cukup rapi dari segi detail figur dan pengecetan. Merk figur HO Scale tersebut adalah Dat Ank Aneste.



Dat Ank Aneste adalah produsen figur dan aksesorisnya untuk layout kereta api sejak tahun 1980 dan berdomisili di negeri matador Spanyol. Seperti produsen lainnya mereka lebih banyak membuat model berskala 1:87 atau HO Scale. Bedanya dengan figur HO Scale lainnya yakni bahan dasar figur terbuat dari besi. Meskipun berbahan besi namun figur Dat Ank Aneste ini cukup detail dari segi bentuk dan pengecetan. Satu-satunya kelemahan figur berbahan besi ini yakni bobotnya yang lebih berat dibandingkan figur yang berbahan plastik sehingga agak sulit untuk dijadikan obyek fotografi karena susah untuk dibuat berdiri.








Figur-figur HO Scale Dat Ank Aneste dibagi menjadi dua bagian yakni figur militer dan sipil. Bentuk-bentuk figur mereka cukup unik dan berkarakter, namun ada beberapa seri figur sipil yang bentuk dan modelnya mirip Preiser. Entah siapa yang meniru yaa.

Seri Figur Dat Ank Aneste yang mirip seri Preiser

Preiser Kode 12133
Salah satu contoh figur Dat Ank Aneste yang mirip Preiser, yang membedakan hanya bahan dasarnya saja, Preiser dari plastik dan Dat Ank Aneste dari besi. Ada beberapa model lagi yang menyerupai seri-seri Preiser.



Meskipun beberapa model betul-betul mirip Preiser, namun banyak juga model figur HO Scale Dat Ank Aneste yang unik dan tidak dimiliki merk-merk lainnya.

Seri 4455
Seri 4437
Seri 4215
Seri 4094
Seri 4450

Figur Dat Ank Aneste dikemas dalam box karton sehingga terlihat kurang berkelas. Namun dari segi harga memang harganya lebih murah dibanding merk Preiser bahkan Noch sekalipun. 

Box yang terbuat dari karton
Seri figur HO Scale Dat Ank Aneste lainnya yang cukup menarik untuk dijadikan obyek fotografi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Seri 4022

Seri 4056
Seri 4275
Seri 4273

Seri 4020
Seri 4323
Seri 4013
Seri 4701

Seri 4321
Seri 4918

Walaupun figur-figur Dat Ank Aneste tidak sepopuler merk lain, tapi figur-figur mereka juga layak untuk dijadikan obyek miniatur fotografi. Satu-satunya yang agak merepotkan pada saat pemotretan dengan menggunakan figur-figur ini yakni pada saat di set berdiri, karena figur-figur tersebut agak berat. 

data ank aneste
Foto Figur Ku Klux Klan merk Dat Ank Aneste dengan salah satu figur Preiser
Foto diatas adalah salah satu contoh fotografi miniatur karya admin. Figur-figur Dat Ank Aneste memang agak sulit dicari di pasaran, namun ada beberapa seller luar menjualnya secara online di internet. Nah, artikel ini bisa dijadikan referensi dalam mencari figur HO Scale untuk fotografi maupun koleksi. Wassalam.






Sumber foto : Berbagai situs di internet


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dat Ank Aneste, Merk Figur HO Scale Yang Kurang Peminat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel