Preiser Skala 1:87 Yang Direkomendasikan Bagi Pemula Fotografi Miniatur

Fotografi miniatur akhir-akhir ini semakin digemari dan tidak memandang usia tua maupun muda. Setiap minggu ada saja yang memulai memotret miniatur, hal ini ditandai dengan makin banyaknya akun-akun instagram yang memposting foto miniatur khususnya skala 1:87. Ada yang konsisten dengan karyanya, namun ada juga yang hanya bertahan beberapa minggu lalu lenyap. Kalo admin liat ada beberapa faktor yang menyebabkan pemula memutuskan pensiun dini atau cuti yang sangat puanjaaangg. 



Pertama, dari sisi miniatur figur yang cukup menguras kantong. Ini manusiawi, karena hobi itu hanya kebutuhan kesekian bukan kebutuhan primer maupun sekunder. Namun jangan salah, apabila hobi ditekuni dan menghasilkan karya yang menarik itu bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan tambahan. Ikut kopdar juga bisa jadi solusi, jadi tinggal jepret-jepret tanpa harus memiliki miniatur. Cuma portofolio yang diperoleh dari kopdar itu, portofolio rame-rame bukan milik sendiri.

Kedua, sering buntu ide. Kalo yang ini memang ga bisa ditolak kalo lagi datang hehe. Saran admin sih, sering-sering lihat karya-karya fotografer miniatur dunia, biar nambah wawasan. Ide-ide fotografer tersebut bisa kita amati, tiru dan modifikasi. Itu kalo lagi buntu ide ya, kalo ada ide yang orisinil tentu lebih baik.

Ketiga, dari segi peralatan fotografi. Walaupun sebenarnya pake HP juga oke, namun terkadang ada ketidakpuasan terhadap hasil jepretannya. Alasan ini bisa diabaikan, pake HP juga oke kok yang penting idenya.

Foto ini diambil dengan menggunakan HP

Keempat, terlalu banyak kesibukan yang menyita waktu baik berupa pekerjaan atau yang lainnya. Kalo yang seperti ini, motret miniatur betul-betul hanya hobi untuk mengisi waktu luang saja. Kebanyakan kolektor juga mempunyai kendala ini, karena mereka lebih fokus ke koleksi miniatur figur dan diecast dibanding motret.

Agar ide bisa mengalir dengan lancar khususnya bagi pemula, mimin rekomendasikan sepuluh kode preiser dibawah ini.


1. Preiser Kode 10418 Track Workers


Preiser kode 10418 ini berisikan figur-figur pekerja rel kereta. Terdiri dari enam figur dengan aktivitas masing-masing yang aktif. Figur-figur tersebut sangat mudah untuk dijadikan obyek foto, karena sangat banyak tema yang bisa di explore dengan menggunakan figur-figur ini. 



Kedua foto diatas menampilkan beberapa figur yang ada di kode 10418 yang dikombinasikan dengan figur dari kode lain. Masih banyak ide lain yang bisa menjadikan figur-figur ini sebagai obyek. Kode Preiser ini paling recommended bagi pemula fotografi miniatur.


2. Preiser kode 10445 Sewermen, Barriers, Manhole Cover


Preiser kode 10445 berisikan figur-figur pekerja jalan raya. Figur-figur ini sangat detail dengan warna pakaian yang sangat eye catch. Setiap foto yang menggunakan figur ini sebagai obyek, hasilnya selalu menarik. Figur ini bisa masuk ke banyak konsep, misalnya ditaruh diatas kue donat atau lainnya.


Foto diatas bercerita mengenai para figur pekerja sedang mengamati sarang semut di sela-sela tegel rumah. Ini hanyalah salah satu contoh dan masih banyak lagi ide yang bisa dikembangkan dengan menggunakan figur ini sebagai obyek miniatur fotografi.


3. Preiser Kode 10572 dan 10574 At The Rice Field

10572

10574

Preiser kode 10572 dan 10574 berisikan figur-figur petani yang sedang bekerja di sawah atau kebun. Figur ini sangat cocok bagi fotografer miniatur pemula, karena sangat mudah menemukan ide dengan menggunakan figur ini. Contoh seperti gambar dibawah.





Foto-foto diatas dibuat di dua kondisi yakni indoor dan outdoor. Masih banyak ide yang bisa di explore dengan menggunakan figur ini. Sangat recommended buat fotografer yang ingin memulai menekuni miniatur fotografi.


4. Preiser kode 10713 Street Cleaning



Preiser kode 10713 ini berisikan figur tukang bersih-bersih. Sangat mudah menemukan ide dengan figur-figur ini. Indoor maupun outdoor semuanya oke. Terdiri dari lima figur, tiga figur sedang bekerja, satu figur lagi melamun, satunya lagi sedang megang kepala. Masing-masing figur memiliki karakter yang kuat.



Foto diatas adalah contoh penggunaan figur-figur tersebut. Foto diatas juga merupakan karya awal-awal admin memulai motret miniatur. Very recommended lah buat pemula.


5. Preiser kode 10477 dan 10478 Painters with Accessorries

10477

10478

Preiser kode 10477 dan 10478 berisikan figur-figur tukang cat dan aksesorisnya. Melihat figur-figur diatas sebentar aja sudah banyak ide yang terlintas, apalagi dipelototin. Figur ini bisa digunakan dalam berbagai konsep pada saat memotret, tergantung ide dan kreativitas masing-masing fotografer.
Contoh foto seperti dibawah ini.



Kedua foto diatas adalah karya di awal-awal admin mulai motret miniatur. Sangat mudah buat konsep dengan menggunakan figur ini. Apapun properti disekeliling kita semua bisa dipadukan dengan figur ini. Ini juga very recommended buat pemula.


6. Preiser kode 10497 Scaffolders


Preiser kode 10497 ini berisikan figur-figur orang yang lagi melakukan aktivitas dimana berdasarkan tema di box, figur-figur ini adalah para scaffolders. Scaffolders adalah orang yang beraktivitas di scaffolding.

Contoh model scaffolding.

Figur-figur Scaffolders ini dalam dunia miniatur fotografi bisa di set di berbagai macam konsep sesuai dengan ide masing-masing fotografer. Terdiri dari enam figur, walaupun namanya scaffolders namun penggunaan figur ini bisa ke segala macam kegiatan.


Salah satu contoh foto dengan figur scaffolders di awal-awal admin motret miniatur. Banyak ide yang bisa dikembangkan dengan menggunakan figur ini. Recommended.


7. Preiser kode 10059 Housewives


Preiser kode 10059 ini berisikan figur emak-emak yang lagi beres-beres di rumah. Sering juga disebut dengan figur inem. Terdiri dari enam figur dengan aktifitas yang berbeda dalam kegiatan sehari-hari dirumah. Tentunya sangat mudah menemukan ide dengan pose demikian.



Kedua foto diatas menggunakan ide yang sangat sederhana. Tentunya masih banyak ide lagi yang bisa di eksplore dengan menggunakan figur ini, baik dalam kondisi indoor maupun outdoor, semuanya ok. Recommended lah.


8. Preiser kode 10077 Fishermen


Preiser kode 10077 ini berisikan figur-figur manusia dengan aktivitas memancing. Dengan adanya figur-figur dalam seri ini, dijamin bagi pemula tidak akan kehabisan ide karena masing-masing figur memiliki karakter dan mudah dibuatkan konsep baik foto indoor maupun outdoor.



Kedua foto diatas adalah contoh hasil karya dengan menggunakan figur ini, dengan konsep yang sangat sederhana. Foto diatas juga merupakan hasil karya di awal-awal admin memulai motret miniatur. Very Recommended lah figur seri ini buat pemula.



9. Preiser kode 10329 dan 10330 Cooks

10329

10330

Preiser kode 10329 dan 10330 ini berisikan figur-figur chief atau juru masak. Figur-figur ini bisa dipadukan dengan berbagai genre fotografi khususnya food photography. Masing-masing set terdiri dari lima figur dengan pose yang berbeda dengan aktivitas yang sama yakni urusan masak-memasak.




Foto diatas adalah contoh penggunaan figur-figur seri ini, dan dipadukan dengan figur seri yang lain. Masih banyak lagi ide yang bisa dikembangkan dengan figur ini, khususnya bila dipadukan dengan genre food photography.


10. Preiser kode 10296 Young Travellers



Preiser kode 10296 ini berisikan figur-figur traveller muda. Bagi yang doyan traveller,  figur ini cocok digunakan dan paling sering dibawa kalo lagi trip atau berwisata ke suatu tempat. Konsep outdoor lebih cocok untuk figur ini, namun indoor juga ok tergantung ide fotografernya saja.


Foto diatas adalah contoh bahwa figur ini cocok di bawa  kemana-mana, tinggal taruh di tempat yang tepat dan agar lokasi pengambilan foto dapat terlihat gunakan bukaan sempit minimal f8. Recommended.

Bagi sobat-sobat yang baru memulai motret miniatur, admin referensikan kesepuluh set Preiser diatas. Belinya satu-satu aja, tergantung kondisi keuangan. Jangan maksain berutang yah hehehe. Sekian dulu artikel kali ini, nantikan artikel-artikel menarik lainnya terkait dengan miniatur dan fotografi di blog ini ya.

Wassalam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Preiser Skala 1:87 Yang Direkomendasikan Bagi Pemula Fotografi Miniatur"

  1. Luar biasa .. terima kasih masukannya , sangat inspiratif baut nubie yg kasang kehabisan ide . 🙏

    ReplyDelete
  2. untuk toko offline di jakarta yg jual mini figure di mana yach...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobs ke toko Trains & Hobby Center
      Jl. Matraman Raya No. 208

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel