Mengenal Lebih Dekat Miniatur Alat Berat Skala 1:87 Buatan Diecast Masters Untuk Keperluan Fotografi

Artikel kali ini kita akan mencoba mengenal lebih dekat dengan miniatur alat berat skala 1:87 atau HO scale buatan Diecast Masters Company untuk keperluan miniatur fotografi. Penggunaan miniatur alat berat dalam sebuah karya fotografi harus disesuaikan dengan konsep yang akan dibuat, sehingga mampu memberikan efek woww terhadap foto tersebut. Contoh penggunaan miniatur alat berat dalam karya fotografi miniatur dapat dilihat seperti dibawah ini.


miniatur fotografi, minifigure, ho scale, skala 1:87

Alat berat secara definisi berarti mesin berukuran besar yang digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan merupakan faktor penting dalam suatu proyek konstruksi, pertambangan, pertanian, maupun kegiatan lainnya dalam skala besar. Dari sini kita bisa memikirkan konsep foto apa yang akan kita buat apabila ingin menggunakan miniatur alat berat tersebut, sehingga konsepnya tidak jauh-jauh dari fungsi alat berat itu sendiri.



Diecast Masters Company adalah perusahaan pembuat replica alat berat dengan berbagai skala, seperti skala 1:25, 1:32, 1:50, 1:87, dan 1:125. Perusahaan ini dikembangkan oleh dua orang Fungs bersaudara yakni Barry dan Raymond. Perusahaan yang belokasi di Hongkong ini telah mendapatkan lisensi dari Caterpillar Inc sejak tahun 2015 untuk pembuatan replica alat beratnya. Namun pada artikel ini kita akan memperkenalkan khusus skala 1:87 saja.

Saat ini Diecast Masters Company telah mengeluarkan 10 seri replica alat berat Caterpillar yang berskala 1:87 dan kesemuanya dikemas dalam box kaleng. Diecast Masters Company juga selalu menyertakan figur driver dalam setiap replica buatannya, dan bodynya merupakan perpaduan bahan metal dan plastik, dimana body intinya dari bahan metal dan selebihnya dari bahan plastik. Untuk bannya menggunakan bahan karet. Baiklah kita akan memperkenalkannya satu per satu.


1. Cat 966M Wheel Loader Kode 85948







Fungsi Wheel Loader secara umum yakni sebagai alat yang digunakan untuk mengangkat material yang akan dimuat ke dalam dump truck atau memindahkannya ke tempat lain. Dari fungsi Wheel Loader diatas kita bisa menemukan konsep fotografi miniatur apa yang cocok, misalnya mengangkat coklat bubuk, gula pasir atau yang lainnya.


2. Cat 972M Wheel Loader kode 85949






Fungsi Wheel Loader serta konsep fotografi yang cocok dengan alat berat ini sudah dibahas di poin satu. Contoh penggunaannya seperti dibawah ini.


minatur fotografi, minifigure, alat berat, ho scale, skala 1:87


miniatur fotografi, minifigure, ho scale, skala 1:87, alat berat



3. Cat 12M3 Motor Grader Kode 85520







Motor Grader memiliki beberapa fungsi seperti meratakan dan membentuk permukaan tanah, merawat jalan, mengupas tanah dan menyebarkan material ringan. Dari fungsi motor grader diatas kita dapat menuangkannya ke dalam konsep miniatur fotografi seperti meratakan bubuk susu, tepung, gula pasir, coklat stik, atau yang lainnya. Contoh penggunaannya dapat dilihat seperti dibawah ini.


miniatur fotografi, minifigure, ho scale, skala1:87



4. Cat 730 Articulated Truck kode 85130





Articulated Truck digunakan untuk mengangkut material dan memindahkannya dari suatu tempat ke tempat lain. Untuk konsep miniatur fotografi, alat berat ini sangat mudah di eksekusi dengan berbagai tema, seperti mengangkut korek api, bahan makanan untuk food fotografi atau tema lainnya sesuai kebutuhan.


5. Cat 627G Wheel Tractor Scraper kode 85134







Scraper berfungsi untuk mengeruk, mengangkut dan menabur tanah hasil pengerukan secara berlapis. Alat berat ini bergerak di tanah yang datar dan mampu mengangkut material dengan jarak tempuh yang relatif jauh (+- 2000m). Melihat fungsi alat berat ini, agak sulit mencari konsep miniatur fotografi yang pas. Salah satu karya miniatur fotografi yang menggunakan scraper bisa dilihat dibawah ini.


miniatur fotografi, minifigure, ho scale, skala 1:87



6. Cat M318D Wheeled Excavator kode 85177







Wheeled Excavator ini merupakan alat berat yang serbaguna yang dapat digunakan untuk menggali, memuat dan mengangkat material. Alat berat ini juga digunakan untuk menggali parit-parit saluran air atau pipa. Dengan fungsi yang cukup beragam tersebut maka sangat mudah menentukan tema dalam membuat suatu konsep miniatur fotografi. Contoh penggunaannya dapat dilihat dibawah ini.


miniatur fotografi, minifigure, ho scale, skala 1:87



7. Cat D9T Truck Type Tractor kode 85209







Truck Type Tractor ini memiliki fungsi untuk mendorong material, meratakan atau menyebarkan material, mengupas permukaan tanah dan penggunaan lainnya yang sesuai. Melihat fungsi alat berat tersebut diatas, maka untuk mencari konsep miniatur fotografi yang sesuai dengan alat ini cukup banyak, seperti meratakan bubuk susu, tepung atau ide lainnya sesuai kebutuhan.


8. Cat 772 Off-Highway Truck kode 85261







Off Highway Truck memiliki fungsi yang sama dengan dump truck atau articulated truck, bedanya Off Highway Truck mampu memindahkan material dalam kapasitas yang besar. Dengan fungsi tersebut maka konsep miniatur fotografi yang ada sangat berlimpah. Contohnya dapat dilihat seperti dibawah ini.


miniatur fotografi, minifigure, alat berat, ho scale, skala 1:87


9. Cat 320D L Hydraulic Excavator kode 85262





Hydraulic Excavator memiliki fungsi yang cukup beragam seperti menggali tanah, memuat material ke dump truck, mengangkat material, mengikis tebing dan meratakan. Untuk konsep miniatur fotografi, alat berat ini tidak jauh beda dengan Wheeled excavator pada poin 6 diatas.


10. Cat 450E Backhoe Loader kode 85263








Backhoe Loader selain berfungsi untuk menggali dan fungsi yang hampir sama dengan Wheel Loader, alat berat ini juga digunakan untuk pekerjaan pemeliharaan saluran pada jalan raya, penggalian parit-parit saluran air atau pipa, dan pekerjaan lainnya yang menuntut mobilisasi yang tinggi agar tidak merusak landasan kerja yang relatif rata, kering dan kokoh. Tidak banyak ide yang timbul dengan menggunakan alat berat ini, namun itu tergantung kreatifitas sobat sekalian. Salah satu contoh penggunaan Backhoe Loader dalam sebuah karya miniatur fotografi dapat dilihat seperti dibawah ini.


miniatur fotografi, minifigure, ho scale, skala 1:87, alat berat



Replica alat berat Caterpillar skala 1:87 buatan Diecast Masters Company untuk saat ini hanya ada 10 seri seperti yang telah disebutkan diatas. Replica alat berat tersebut juga sangat layak dikoleksi oleh kolektor diecast. Kemasannya juga sangat eksklusif yakni box yang terbuat dari kaleng besi. Selain replicanya yang begitu detail dan mirip aslinya, box kaleng kemasannya juga memiliki fungsi lain seperti gambar dibawah ini.


miniatur fotografi, alat berat, minifigure, ho scale, skala 1:87


Hehehe becanda, sekian dulu yah artikel mengenai miniatur alat berat skala 1:87 buatan Diecast Masters Company untuk keperluan fotografi. Nantikan artikel-artikel menarik selanjutnya yang terkait dengan miniatur dan fotografi di blog ini, see yaa.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Miniatur Alat Berat Skala 1:87 Buatan Diecast Masters Untuk Keperluan Fotografi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel