Tutorial Motret Miniatur Skala 1:87 "Helikopter Penyelamat"

Miniatur fotografi memang merupakan genre fotografi yang membutuhkan banyak eksperimen untuk menambah ide dalam melakukan pemotretan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tutorial mengenai cara memotret miniatur dengan tema helikopter penyelamat yang mencoba menyelamatkan penumpang perahu terbalik di dalam gelas yang berisi air. Kamera yang digunakan untuk pemotretan ini yakni Fujufilm X-E3 dan Lensa Fujinon XF 80mm R LM OIS Macro. Adapun hasil akhir foto yang dihasilkan seperti dibawah ini.

schuco, jual mainan untuk fotografi, mainan

Adapun lokasi pemotretannya adalah indoor/dalam ruangan. Berikutnya tahap awal yang kita lakukan yakni siapkan peralatan pendukung seperti dibawah ini:
1. Alas foto berupa papan, background berupa karton berwarna kuning.
2. Figur skala 1:87 sesuai dengan tema yang dibutuhkan
3. Diecast berupa helikopter, perahu dan mobil polisi skala 1:87
4. Kawat dengan panjang sesuai kebutuhan
5. Lem Patafix
6. Gelas berisi air
7. Lampu belajar 2 buah untuk pencahayaan



Setelah semuanya telah disiapkan, maka atur semuanya sedemikian rupa seperti gambar dibawah ini:

schuco, jual mainan untuk fotografi, mainan
  1. Gantung Helikopter menggunakan dua kawat, untuk kawat yang di bodi depan helikopter, agak dipanjangkan kebawah sedikit untuk merekatkan dua figur dengan menggunakan lem patafix.
  2. Rekatkan figur di kaki helikopter dengan menggunakan lem patafix seperti gambar diatas.
  3. Taruh gelas yang berisi air tepat dibawah helikopter tadi. Didalam gelas taruh perahu dalam keadaan terbalik dan beberapa figur yang tenggelam didasar gelas.
  4. Taruh figur polisi dan mobilnya seperti gambar diatas agar berkesan bahwa pertolongan helikopter tersebut diawasi oleh pihak yang berwajib.

Selanjutnya atur peralatan fotografi seperti berikut:

schuco, jual mainan untuk fotografi, mainan

Letakkan lampu belajar dengan arah cahaya seperti gambar diatas. Lampu belajar yang dibelakang dibungkus plastik putih biar cahayanya lebih lembut. Atur settingan kamera seperti iso, shutter speed, aperture sesuai kebutuhan, disini kita menggunakan iso 200, f2.8, 1/8s, auto white balance. Hasil fotonya seperti ini:

schuco, jual mainan untuk fotografi, mainan

Tahap selanjutnya dan ini merupakan tahap akhir atau Post Processing yakni dengan mengedit gambar diatas menggunakan aplikasi Photoshop untuk menghilangkan kawat pada gambar serta mengatur brightness, contrast dan saturasi. Hasil akhir foto adalah seperti dibawah ini:

schuco, jual mainan untuk fotografi, mainan

Masih banyak ide-ide lain yang mengasyikkan untuk dikembangkan menjadi hasil karya fotografi miniatur yang menarik. Demikianlah tutorial motret miniatur skala 1:87 kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian yaa.

Wassalam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Tutorial Motret Miniatur Skala 1:87 "Helikopter Penyelamat""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel