Tutorial Foto Miniatur Preiser 1:87 "Angkat Bola Tennis"

Hi sobat, kali ini mimin akan share tutorial memotret miniatur dimana ada satu figure yang sedang mengangkat bola tennis. Ga kebayang kan figur berukuran 2 cm bisa ngangkat bola tennis. Figur yang digunakan yakni figur sepeda balap Preiser skala 1:87 yang diambil dari seri superset sports. Satu figur pelengkap yakni figur Preiser tukang roti yang jatuh. Hasil akhir foto tersebut seperti dibawah ini.

miniatur fotografi, minifigure, ho scale, diecast

Langkah pertama sebelum memotret yakni siapkan figur yang akan di foto, bola tennis, benang hitam, kawat 7 cm, lem patafix. Untuk pencahayaan cukup gunakan lampu LED dari arah atas kanan. Background kertas karton berwarna kuning. 



Selanjutnya bola tennis diikat benang hitam kemudian digantung. Diatas bola tennis taruh 4 figur sepeda balap kemudian rekatkan dengan lem Patafix. Agar bola tidak berputar, ganjal dengan kawat.

Kemudian tepat dibawah bola tennis taruh figur pembalap sepeda yang lagi angkat tangan, seolah-olah figur tersebut sedang mengangkat bola tennis tadi. Biar lebih keren tambahkan figur tukang roti yang sedang melihat keatas dekat figur pembalap sepeda tersebut.







Selanjutnya kita beralih ke kamera. Kamera yang mimin gunakan yakni Nikon D7100 dan lensa Nikon AF 70-210mm. Untuk setting kamera dilakukan secara manual, ISO 100, Shutter Speed 1/4s, Aperture F8, Auto White Balance.






Setelah pengambilan foto melalui kamera selesai, kita lanjut ke Post Processing yakni editing dengan menggunakan Photoshop CS5 di PC. Mengapa tidak menggunakan Photoshop versi terbaru? Karena mimin menggunakan Photoshop seperlunya saja jadi tidak perlu pake versi terbaru. Hasil jepretan tadi selanjutnya di copy ke PC. Langkah selanjutnya sbb:
1. Buka aplikasi Photoshop klik Tab File--Open--cari file foto.
2. Klik tombol Ctrl+J untuk menggandakan layer sebagai backup.
3. Aktifkan layer hasil copy tadi dengan cara mengklik layer tersebut kemudian klik tombol Clone Stamp.
4. Klik tombol Alt pada area obyek yang akan dihapus misalnya di dekat benang, kawat atau obyek lainnya, ini bertujuan agar hasil yang diperoleh lebih smooth.
5. Klik mouse sambil tahan, kemudian sapu kearah obyek yang akan dihapus. Lakukan berulang-ulang sampai obyek yang akan dihapus tersebut hilang.
6. Klik Tab File--Save As--Pilih type file (Jpg, Psd). Klik ok.





Tutorial diatas juga dapat dilihat melalui video dibawah ini:


Demikianlah tutorial foto miniatur kali ini, nantikan tutorial dan artikel lainnya yang terkait dengan miniatur dan fotografi di blog ini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tutorial Foto Miniatur Preiser 1:87 "Angkat Bola Tennis""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel